Inilah Perbedaan Predikat Lulusan Cumlaude dan Magna Cumlaude, Impian Semua Mahasiswa

Inilah Perbedaan Predikat Lulusan Cumlaude dan Magna Cumlaude, Impian Semua Mahasiswa

Predikat lulusan magna cumlaude--picture by zonamahasiswa.id

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai predikat Cumlaude dan Magna Cumlaude yang bisa kamu ketahui. Predikat lulusan ini akan diumumkan saat wisuda nanti lho.

 

Pastinya setiap mahasiswa ingin mendapat predikat menjadi lulusan terbaik. Selain membanggakan orang tua, keluarga, hal ini juga menjadi suatu pencapaian untuk diri kita sendiri karena telah berhasil meraih gelar sarjana.

 

Cumlaude adalah predikat yang diberikan kepada mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,5 hingga 3,79. Sementara itu, Magna Cumlaude adalah predikat yang diberikan kepada mahasiswa dengan IPK di atas 3,79 atau 3,80 sampai 3,99. Dengan demikian, perbedaan utama terletak pada rentang IPK yang diperlukan untuk masing-masing predikat. 

 

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa kriteria dan persyaratan untuk mendapatkan predikat ini bervariasi di setiap perguruan tinggi. Meskipun IPK yang tinggi merupakan faktor utama, perguruan tinggi juga mungkin memiliki persyaratan lain, seperti lama studi, nilai tugas akhir atau skripsi, dan persyaratan lainnya.

 

BACA JUGA:Bisa Jadi Jurnalis, Ini Lho 10 Profesi Jika Kamu Lulusan Ilmu Komunikasi

 

Dengan demikian, mahasiswa yang meraih predikat Magna Cumlaude telah mencapai hasil yang sangat tinggi, di atas standar Cumlaude yang normal, dan ini merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi akademik yang luar biasa.

 

Untuk mendapatkan predikat Magna Cum Laude, terdapat beberapa langkah dan persyaratan yang perlu dipenuhi:

1. Tingkatkan IPK:

Mahasiswa perlu menjaga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,79 hingga 3,99 untuk memenuhi syarat mendapatkan predikat Magna Cum Laude.

 

2. Tidak Mengulang Mata Kuliah:

Penting untuk tidak mengulang mata kuliah. Mahasiswa harus lulus tepat waktu dan tidak mengulang mata kuliah untuk memenuhi syarat ini.

 

BACA JUGA:Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri!

 

3. Konsistensi dalam Prestasi Akademik:

Selain IPK yang tinggi, konsistensi dalam prestasi akademik juga diperlukan. Mahasiswa perlu lulus dengan nilai memuaskan untuk seluruh mata kuliah.

 

4. Aktif di Kelas:

Menjadi aktif di kelas dan berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran juga dapat membantu dalam meraih predikat Magna Cum Laude.

 

5. Tidak Ada Keterlambatan dalam Menyelesaikan Studi:

Mahasiswa perlu menyelesaikan studi tepat waktu tanpa keterlambatan.

 

BACA JUGA:Serapan Tenaga Kerja Lulusan Sarjana Karawang Parah, Disnaker Tak Berdaya, Kampus Harus Serius Tingkatkan Mutu

 

Dengan memenuhi persyaratan ini, mahasiswa dapat meraih predikat Magna Cum Laude sebagai pengakuan atas prestasi akademik yang luar biasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: